Friday, September 19, 2014

Harga Emas dan Perak Masih Turun di Sesi Asia


Financeroll – Pada perdagangan bursa komoditi logam mulia di hari Jumat(19/9), harga emas dan perak telah diperdagangkan lebih tinggi ketika para pelaku pasar masih berfokus kepada kenaikan tingkat suku bunga di wilayah AS tahun 2015 mendatang.
Selama berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Desember telah diperdagangkan lebih rendah 0.20% di level $1.224.50 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Sedangkan untuk perak pengiriman Desember juga diperdagangkan lebih rendah 0.02% di level $18.513 per troy ounce.
Perhatian pasar masih berfokus kepada kenaikan tingkat suku bunga di wilayah AS, ketika pada Kamis dini hari kemarin Bank Sentral AS telah mengatakan berakhirnya program pembelian obligasi semakin dekat, dimana jatuh pada bulan Oktober mendatang, serta kenaikan suku bunga yang akan terjadi pada tahun 2015 mendatang.
The Fed juga menambahkan bahwa saat ini mereka akan tetap mempertahankan tingkat suku bunga berada di level rendah saat ini, meski Bank Sentral AS juga disarankan untuk segera menaikan acuan biaya pinjaman yang lebih cepat dari yang telah diantisipasi sebelumnya ketika mereka akan segera melakukan pengetatan kebijakan moneter selanjutnya.
Sementara itu, laporan pada pasar tenaga kerja dan pasar properti AS tadi malam menunjukkan beragam hasil, namun masih tetap memberikan pelemahan bagi logam mulia. Departemen Tenaga Kerja menyatakan bahwa angka klaim pengangguran telah mengalami penurunan yang disesuaikan secara musiman menjadi 280.000, dilanjutkan dengan laporan yang dirilis oleh Biro Sensus AS menyatakan bahwa ijin bangunan di wilayah AS telah mengalami penurunan yang disesuaikan secara musiman menjadi 1 juta, dan pembangunan rumah juga mengalami penurunan menjadi 960.000.
Pada akhirnya, serangkaian berita ekonomi tersebut dalam sepekan ini masih tetap memberikan dampak untuk harga logam mulia bergerak melemah dan memberikan dukungan bagi dolar AS untuk menguat, mengingat bahwa pergerakan emas dan perak cenderung berlawanan terhadap greenback.
Sumber : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-dan-perak-masih-turun-di-sesi-asia/

0 comments:

Post a Comment